Salon des Profs 2022

02.00 APFI Jatim 0 Komentar


Pada Jumat, 9 September 2022, Divisi 1 APFI Jawa Timur mengadakan acara “Salon des profs” untuk yang kedua kalinya. Pada kegiatan tersebut, Bapak Eri Susanto, S.S., M.Hum. yang juga adalah ketua perhimpunan ini, menyajikan materi bertajuk “Pengajaran Pelafalan Bahasa Prancis dengan Menggunakan Quizlet”. Setidaknya terdapat enam peserta yang ikut berpartisipasi secara daring melalui Zoom. Peserta merupakan pengajar dari berbagai lembaga yang berbeda dengan latar belakang pemelajar yang beragam.

Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa yang memiliki aturan pelafan tersendiri yang di dalamnya terdapat beberapa bunyi yang  tidak dimiliki oleh bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pada bagian awal pembahasan, penyaji menjelaskan beberapa bunyi bahasa Prancis yang absen dalam bahasa Indonesia dengan menjabarkan teori pengucapan dengan menunjukan posisi lidah, titik letak bunyi dan bentuk bibir. Dengan cara ini, diharapkan para pengajar dapat memahami secara tepat anatomi tubuh yang dapat menghasilkan bunyi mirip dengan penutur asli.

Dengan tujuan meningkatkan ketertarikan siswa pada materi pelafalan di dalam kelas, penyaji melanjutkan dengan menjelaskan secara rinci beberapa opsi pengoperasian plateform Quizlet yang memungkinkan siswa untuk bermain secara "life" dengan moda individu maupun kelompok. Beberapa tips juga disarankan oleh penyaji agar pengajar dapat memaksimalkan fitur yang disediakan. Peserta yang hadir pun tidak sedikit yang melakukan tukar pendapat mengenai penggunaan plateforme tersebut untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. (Divisi 1)

0 comments: