Kuliah Kerja Nyata di APFI Jatim (Periode Semester Ganjil 2021/2022)

17.08 APFI Jatim 0 Komentar

Pada periode Semester Ganjil 2021/2022, l'Association des Professeurs de Français d’IndonĂ©sie (APFI) Jawa Timur membuka kesempatan kepada mahasiswa/i untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Terdapat tiga peserta KKN asal Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya, yakni Aulya Nurulita, Faza Aliya, dan Ishmaura Shafa. Ketiganya berkontribusi di proyek penyusunan buku kosakata bahasa Prancis dengan terjemahan bahasa Indonesia serta bahasa Inggris. Ketiga peserta magang ditempatkan di Divisi 4: Proyek Bersama yang diketuai oleh Ibu Anna Rakhmawati, S.S..

Kegiatan KKN dimulai pada hari Selasa, 13 Juli 2021 dengan pembukaan yang dilaksanakan secara daring guna menyambut para peserta magang dan juga memberikan perkenalan singkat mengenai APFI itu sendiri. Selanjutnya, peserta magang diberikan arahan mengenai format penyusunan berbagai tema kosakata dari Niveau A1 dan A2. Para peserta magang dapat mulai menyusun kosakata beserta terjemahan dalam bahasa Inggris dan membuat berbagai bentuk latihan pada setiap tema kosa katanya. Seluruh proses penyusunan diawasi dan dibimbing oleh ketua umum APFI Jawa Timur yakni Bapak Eri Susanto, S.S., M.Hum.. Kegiatan KKN berakhir pada tanggal 23 September 2021.

Dalam penyusunannya, para peserta magang tak hanya mempelajari ratusan bahkan ribuan kosakata baru dalam bahasa Prancis beserta terjemahannya, namun mereka juga mempelajari mekanisme penyusunan buku kosakata serta berbagai bentuk soal latihan dalam bentuk permainan seperti Teka Teki Silang, Anagram, Pendu, Intrus, dan masih banyak lagi. Selama proses penyusunannya, peserta magang juga mendapat ilmu dasar mengenai Microsoft Word, di situ dapat berguna untuk diaplikasikan dalam dunia profesional.

Harapan dan Kesan Peserta Magang APFI Jawa Timur
“Pengalaman magang di APFI Jawa Timur memberikan hal yang berkesan untuk kami mahasiswa Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya dalam menyiapkan diri untuk terjun di dunia profesional. Bekerja dengan Divisi 4 : Proyek Bersama dalam membuat buku kosakata bahasa Prancis untuk masyarakat menjadikan kami belajar banyak mengenai editorial, disiplin, dan hal-hal lain yang kami butuhkan pada lingkungan profesional. Kami berharap ke depannya APFI Jawa Timur, dapat terus berkontribusi dalam perkembangan bahasa Prancis terutama pada masyarakat Indonesia dan dapat membuka peluang yang lebih besar kepada mahasiswa/i yang hendak melaksanakan kegiatan magang”.

Divisi Proyek Bersama APFI Jatim untuk Kontribusi Bahasa Prancis
Ibu Anna Rakhmawati, S.S. yang memimpin Divisi Proyek Bersama ini berharap agar proyek buku kosakata akan segera terwujud dan diterbitkan dengan kontribusi utamanya anggota APFI Jatim. Buku kosakata Niveau A1 dan A2 tersebut nantinya diharapkan akan memberikan kontribusi, khususnya pengayaan kosakata bagi pemelajar di Niveau A1 dan A2 baik di kalangan SMA sederajat, mahasiswa program studi Pendidikan maupun Sastra Prancis, serta para murid di tempat kursus bahasa Prancis. Ke depan, diharapkan akan ada proyek-proyek lain yang bisa diwujudkan bersama oleh khususnya anggota APFI Jatim. (Divisi 4)

---
Baca juga: 
Tentang APFI Jatim

0 komentar: