Pelatihan: La classe hybride

02.39 APFI Jatim 0 Komentar


APFI (dalam hal ini cabang Jawa Timur) dan IFI Surabaya bekerja sama menyelenggarakan pelatihan (formation) yang didukung oleh CLE International. Pelatihan tersebut bertajuk Metode Kekinian Pembelajaran Khususnya Bahasa Prancis "La classe hybride". Pelatihan ini berlangsung selama dua hari : tanggal 9 s.d. 10 Agustus 2018, bertempat di IFI Surabaya Kompleks AJBS Jln. Ratna 14 Surabaya. 
 

Materi utama adalah pengenalan metode baru yang merupakan bagian dari blended learning yaitu "La classe hybride", sebuah pembelajaran yang ditempuh di dalam dan di luar kelas dalam satu waktu melalui perangkat elektronik.  Materi ini disampaikan oleh perwakilan CLE International, yaitu Annick HATTERER dan Philippe LIRIA. Materi lainnya berupa tata bahasa (grammaire) dan activite ludique serta prononciation agar guru bisa menepatkan gesturenya dan menjadi mecanicien pada pengucapan bahasa Prancis.

Pelatihan ini mengenalkan biblio manuels agar pembelajar memahami dari penyajian materi,  kemudian diarahkan untuk bisa memverifikasi,  menguatkan, mengonfirmasi, dan menjamin pemahaman materi yang disertai penguatan latihan gramatikal dan pengucapan.

Peserta formation merupakan perwakilan dari Alliance Francaise (AF) de Bali, AF de Balikpapan,  Universitas H.O. Kendari,  Universitas Hasanuddin Makassar, serta lembaga-lembaga pendidikan di Jawa Timur yang menyelenggarakan pengajaran bahasa Prancis, yakni Universitas Brawijaya Malang,  UNIPDU Jombang, SMAN 1, 4, 5 dan COR JESU Malang,  SMAN 1 Pandaan, MAN Darul Ulum Jombang, SMAN 1 Manyar, SMAN 1 Kebomas, dan IFI Surabaya sebagai tuan rumah.